Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kurikulum Merdeka Untuk Kenaikan Kelas Lengkap Jenjang SD,SMP dan SMA/SMK - Melintas (2024)

MELINTAS.ID -Sebentar lagi kenaikan kelas. Bagi wali kelas tentunya akan menulis nilai rapor berikt catatan wali kelas. Catatan wali kelas menjadi salah satu bagian penting di dalam rapor kenaikan kelas setiap siswa.

Catatan ini tidak hanya berisi pesan dari guru mengenai proses belajar siswa selama ini, tetapi juga memainkan peran penting dalam memberikan evaluasi, saran, dan motivasi yang dapat membantu siswa meningkatkan kinerja dan semangat belajarnya.

Berikut ini beberapa contoh catatan wali kelas di rapor kurikulum merdeka untuk SD, SMP, dan SMA yang dapat dijadikan referensi:

Baca Juga: Info Terbaru: Kompetensi dan Tema P5 Berdasar Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek, Dimensi Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

Catatan Wali Kelas SD

  1. Ananda [Nama Siswa] menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam semua mata pelajaran dan selalu bersikap positif. Selamat atas kenaikan kelasnya ya, Nak!
  2. Selamat atas kenaikan kelasmu, [Nama Siswa]! Terus tingkatkan motivasi belajar agar prestasimu semakin meningkat
  3. Semester ini kamu sudah menunjukkan peningkatan karakter dan prestasi yang membanggakan. Semoga kamu bisa terus mempertahankan pencapaianmu ke depannya ya.
  4. Ananda [Nama Siswa] merupakan murid yang sangat cerdas dan berbakat. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah!
  5. Selamat ya, [Nama Siswa]! Tahun ini hasil belajarmu cukup memuaskan. Semoga kamu semakin rajin agar cita-citamu tercapai.
  6. Nilai semester [Nama Siswa] sudah sangat bagus tahun ini. Semoga ke depannya bisa kian bersinar ya!
  7. Ananda [Nama Siswa], Bapak/Ibu guru tahu bahwa kamu anak yang baik. Kamu punya bakat dan potensi yang besar. Semangat dan rajin-rajin belajar ya!
  8. Bapak/Ibu guru berpesan, kamu harus lebih percaya diri ya ke depannya. Kamu anak yang hebat..
  9. Sebenarnya nilai kamu sudah cukup baik, namun jika cara belajarmu diubah menjadi lebih baik, sepertinya prestasimu bisa lebih baik lagi, nak!
  10. Selamat ya [Nama Siswa] atas pencapaiannya di kelas tahun ini. Semoga kamu semakin sukses dan meraih cita-citamu ke depannya.
  11. Mari tunjukkan semangat belajar yang lebih tinggi dan rajin mengikuti pelajaran di kelas. Ibu yakin kamu memiliki bakat yang luar biasa!
  12. Prestasi semester ini sangat baik. Selamat, Nak!
  13. Tingkatkan lagi semangat belajarmu. Semangat ya, Nak, tingkatkan prestasimu!
  14. Pertahankan prestasimu ya anak! Kamu siswa yang cerdas!
  15. Rajin-rajin belajar di rumah ya. Kurangi bermain game!
  16. Usaha yang keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Jika kamu rajin belajar, pasti kamu akan jadi siswa yang berprestasi dan membanggakan.
  17. Selamat, sekarang kamu sudah naik kelas. Kamu sudah semakin besar. Jadilah anak yang pintar, rajin, dan sopan.
  18. Selamat,tahun ini kamu berhasil menjadi terbaik! Sebuah pencapaian yang hebat. Pertahankan prestasimu!

Baca Juga: Guru Wajib Sertifikasi? Inilah Syarat, Tujuan dan Cara Sertifikasi Guru Terbaru Berdasar Permendikbudristek No.19 Tahun 2024 tentang PPG

Catatan Wali Kelas SMP

  1. [Nama Siswa] selalu aktif dan berpartisipasi dalam kelas. Tingkatkan prestasinya di kelas yang baru ya!
  2. Kamu punya bakat menjadi pemimpin. Kamu punya sikap yang baik dan pandai bergaul.
  3. Prestasi akademiknya cukup baik, ditambah dengan sikap yang sopan dan tanggung jawab. Selamat atas kenaikan kelasnya!
  4. Dengan semangat belajar yang tinggi, [Nama Siswa] mencapai hasil yang memuaskan. Selamat naik kelas dan terus berprestasi.
  5. Kemajuan [Nama Siswa] dalam akademik dan karakter sangat membanggakan. Selamat naik kelas.
  6. Selamat kamu menjadi yang terbaik, Semoga kamu bisa mempertahankan prestasimu di kelas baru!
  7. Harus lebih giat dan lebih rajin belajar. Semoga ke depannya prestasimu bisa semakin meningkat.
  8. Siswa yang baik bukan hanya yang berprestasi dan punya nilai tinggi. Tapi juga siswa yang punya karakter dan tanggung jawab terhadap sesama.
  9. Dengan semangat belajar yang tinggi, kamu layak untuk mendapatkan kenaikan kelas. Jaga semangat dan jangan pantang menyerah!
  10. Selamat Nak, Prestasi yang luar biasa, Kamu bisa tingkatkan lagi pencapaianmu ke depannya.
  11. Banyak membaca buku pelajaran ya. Manfaatkan waktu luang untuk belajar. Kamu pasti bisa!
  12. Luar Biasa.kamu punya bakat di bidang bahasa. Fokuslah kembangkan prestasi sesuai kemampuan kamu!
  13. Perkembangan akademik dan non-akademik cukup baik. Teruskan usaha kerasmu di kelas yang baru. Selamat ya Nak!
  14. Di kelas baru nanti, kamu harus bisa menjadi lebih baik. Lebih aktif belajar, dan lebih banyak bersosialisasi dengan teman-teman.
  15. Masa depan ada di tangan orang-orang yang berjuang dan berusaha keras. Tetap optimis dan jangan pernah menyerah!
  16. Keikutsertaan kamu di paskibra sangat membuat bangga sekolah. Semangat terus ya nak! Kemampuanmu di bidang non-akademik memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selamat, kamu sudah membawa nama baik sekolah.Ayo tunjukkan semangat belajarmu agar bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Kamu pasti bisa!
  17. Selamat ya Nak, Kamu punya potensi yang besar untuk mencetak prestasi. Kamu hanya perlu belajar lebih giat lagi.
  18. Tolong ditingkatkan lagi belajarnya ya nak. Kamu sudah mau naik SMA!
  19. Semangat ya Nak. Ibu/bapak guru yakin ke depan kamu pasti bisa menjadi lebih baik lagi

Baca Juga: Kesempatan Kuliah Gratis di Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) untuk Lulusan SMA yang Gagal SNBT 2024

Catatan Wali Kelas SMA

  • Terimakasih sudah selalu berusaha menjadi lebih baik dalam belajar, karena jika kamu tidak merasakan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung pahitnya kebodohan. Tetap Semangat dan Tingkatkan selalu prestasimu!
  • Tingkatkan prestasi yang kamu miliki. Semangat terus dalam belajar dan meraih prestsi terbaik, tunjukkan sikap positif dan tetap rendah hati!
  • Selamat atas kenaikan kelasmu, Jangan lupa bersyukur kepada Allah SWT atas pertolongan-Nya dalam memberi kemudahan. Dan jangan lupa berterima kasih kepada kedua orangtuamu atas doanya.
  • Alhamdulillah, melihat pencapaianmu tahun ini pasti akan membanggakan orang tuamu. Semoga prestasi ini bisa kamu pertahankan dan tingkatkan ya Nak!
  • Selalu Semangat, kamu sangat membanggakan sekolah dengan mengikuti olimpiade nasional. Teruslan Berprestas!
  • Juara sejati! Teruslah semangat dan raih keberhasilan yang lebih besar lagi.
  1. Kesuksesan tidak datang secara instan. Teruslah belajar agar bisa sukses di masa depan
  2. Selamat naik ke kelas 12, [Nama Siswa]! Prestasimu selama ini sangat membanggakan, terutama dalam keterampilan komunikasi dan kepemimpinan di kelas. Tetap pertahankan semangatmu yang luar biasa itu!
  3. Keaktifanmu dalam ekstrakurikuler telah memberikan warna tersendiri di sekolah. Teruslah berprestasi dan jadilah inspirasi bagi teman-temanmu di kelas.
  4. Prestasi akademikmu di kelas 11 ini sudah baik, namun perlu lebih giat lagi di beberapa mata pelajaran tertentu. Semoga di kelas 12 nanti, kamu bisa mengatasi tantangan tersebut dengan baik.
  5. Kemampuanmu dalam berpikir kritis dan analitis sangat memukau, [Nama Siswa]. Lanjutkan perjuanganmu dan jangan ragu untuk mengembangkan bakat yang kamu miliki.
  6. Selamat, [Nama Siswa], atas pencapaianmu dalam kejuaraan debat sekolah. Kreativitas dan ketajaman argumentasimu sungguh menginspirasi. Teruslah berinovasi dan eksplorasi bakatmu.
  7. Ananda [Nama Siswa], kehadiran dan partisipasimu dalam setiap kegiatan belajar mengajar sangat berarti. Terus jaga konsistensi dan tingkatkan pencapaianmu di kelas 12.
  8. Meskipun kamu mengalami beberapa kendala di semester ini, semangatmu untuk terus belajar patut diacungi jempol. Mari tingkatkan keberanian untuk bertanya dan memperbaiki setiap kelemahan.
  9. Kreativitasmu dalam kegiatan seni selama ini sungguh menginspirasi. Teruslah mengembangkan bakatmu dan jadilah agen perubahan positif di kelas 12 nanti.
  10. Selamat atas pencapaianmu sebagai ketua OSIS, Kejujuran dan kepemimpinanmu layak diapresiasi. Teruslah menjadi teladan bagi teman-temanmu di sekolah.
  11. Prestasi akademikmu di mata pelajaran Matematika dan IPA sangat memuaskan. Pertahankan konsistensi dan kecintaanmu pada ilmu pengetahuan.
  12. Kemampuanmu dalam bahasa Inggris sungguh memukau, Jangan pernah berhenti untuk mengasah keterampilan berbahasa asingmu, ini akan sangat membantumu di masa depan
  13. Kepemimpinanmu dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga patut diacungi jempol. Teruslah jadi motivator bagi teman-temanmu dan jaga semangat juangmu di kelas 12.
  14. Selamat atas kenaikan kelasmu,Jangan pernah berhenti untuk meraih mimpi-mimpimu
  15. Teruslah bersemangat dan percaya diri, karena kamu memiliki potensi besar untuk meraih sukses di masa depan.
  16. Orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu, Orang yang terus belajar akan menjadi pemilik masa depan. Masa Depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini. Teruslah Belajar dan Tingkatkan Prestasimu !***

Artikel Selanjutnya

Mungkinkah Rapor Pendidikan Mengubah Cara Kepala Dinas Pendidikan Berpikir dan Bertindak? Menganalisis Dampak dan Tantangan dari Inovasi Pendidikan

Editor: Lely Suryani

Sumber: Pengalaman Penulis

Tags

  • smk

  • sd

  • smp

  • sma

  • kurikulum merdeka

  • Catatan

  • contoh

  • Wali kelas

  • Rapor

Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kurikulum Merdeka Untuk Kenaikan Kelas Lengkap Jenjang SD,SMP dan SMA/SMK - Melintas (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Kimberely Baumbach CPA

Last Updated:

Views: 6027

Rating: 4 / 5 (41 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Kimberely Baumbach CPA

Birthday: 1996-01-14

Address: 8381 Boyce Course, Imeldachester, ND 74681

Phone: +3571286597580

Job: Product Banking Analyst

Hobby: Cosplaying, Inline skating, Amateur radio, Baton twirling, Mountaineering, Flying, Archery

Introduction: My name is Kimberely Baumbach CPA, I am a gorgeous, bright, charming, encouraging, zealous, lively, good person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.